للرفع أربع علامات : الضمة والواو والألف
والنون
TANDA RAFA'
I’rob rafa’ mempunyai empat tanda yaitu;
dhommah, wawu, alif dan nun.
Rafa’ memiliki empat tanda:
- Dhammah yang menjadi alamat pokok i’rob rafa’
Contoh جاءَ زيدٌ (telah datang
zaid) lafadz zaid merupakan fa’il yang dibaca rofa’ dengan dhomah
- Huruf Waw sebagai pengganti dhomah
Contoh; جاءَ زيدوْنَ (telah datang
zaid-zaid), جاءَ ابوْكَ (telah datang bapak kamu) lafadz ابوْكَ dan زيدوْنَ merupakan fa’il
yang dibaca rofa’dengan waw sebagai pengganti dhommah
- Huruf Alif sebagai pengganti dhomah
Contoh; جاءَ زيدَانِ (telah datang dua
Zaid) lafadz زيدَانِ merupakan fail yang dibaca rofa’ dengah alif sebagai pengganti
dhommah.
- Huruf Nun sebagai pengganti dhommah
Contoh; يضربانِ (kamu berdua
sedang memukul) huruf nun pada fiil mundhori’ yang dibaca rafa’ merupakan
pengganti dhommah.
فأما الضمة فتكون علامة للرفع في أربعة
مواضع : الاسم المفرد وجمع التكسير وجمع المؤنث السالم والفعل المضارع الذي لم
يتصل بآخره شيء
Dhommah menjadi alamat bagi I’rob rafa’
pada empat tempat yaitu; Isim mufrod, Jamak taksir, jamak muanats salim dan
fiil mundhori’ yang pada huruf akirnya tidak bertemu dengan apapun (dari alif
lam tatsniyah,wawu jama’ dan ya’ muanats mukhotobah).
Dhammah menjadi tanda bagi rafa’
pada empat tempat :
- Isim Mufrad, yaitu; ما ليس مثنّى و لا مجموعاً ولا ملحقً بهما ولا من الٔاسماءِالخمسةِ (isim yang buka tatsniyah,
bukan jamak, bukan mulhak keduanya(mulhak jamak dan mulhak tatsniyah) dan
bukan pula dari asmaul khomsah.
Contoh جاءَ زيدٌ (telah datang
zaid) lafadz zaid dibaca rofa’ dengan dhommah
- Jama’ taktsir yaitu; ما تغيّرعن بناءِ مفردِهِ (lafadz yang berubah bentuk mufrodnya)
Contoh جاء الرّجالُ (telah datang
laki-laki) lafadz Ar-Rijalu dibaca rofa’ menggunakan dhommah
- Jama’ muannas salim yaitu; ما جمع باءلفٍ و تاءٍ مزيدتينِ (lafadz yang dijama’kan
dengan menggunakan alif dan ta’)
Contoh جاءت الهنداتُ (telah datang
banyak hindun) lafadz Al-Hindaatu dibaca rofa’ menggunakan dhommah pada huruf
ta’
- Fiil mudhari’ yang tidak bersambung di akhirnya dengan sesuatu
Fiil mudhari’ yaitu ما دلّ على
حدث يقبل الحل والاِستقبال (lafadz yang menunjukkan kejadian (perbuatan) yang sedang
berlangsung dan yang akan datang.
Contoh; يضربُ (dia memukul) karena
tidak bersambung dengan alif lam tatsniyah,wawu jama’ dan ya’ muanats
mukhotobah maka akhirnya dibaca rafa’ dengan dhommah.
Adapun contoh fiil mudhari’ yang
bersambung dengan sesuatu sebagai berikut
a. Bersambung dengan alif dhomir tatsniyah
seperti يفعلانِ (dua orang bekerja)
b.
Bersambung
dengan wawu dhamir jama’ seperti يفعلونَ (mereka bekerja)
c.
Bersambung
dengan ya muannats mukhothabah seperti تفعلينَ (kamu bekerja)
d.
Bersambung
dengan nun taukid tsaqilah seperti تفعلنّ (kalian bekerja)
e.
Bersambung
dengan nun tauki khafifah seperti لا تفعلنْ (tidak bekerja)
وأما الواو فتكون علامة للرفع في موضعين :
في جمع المذكر السالم وفي الأسماء الخمسة وهي : أبوك وأخوك وحموك وفوك وذو مال
Dan adapun wawu menjadi alamat bagi i’rob
rafa’ pada dua tempat, yaitu; jama’ mudzkkar salim dan asmaul khomsah.
Huruf Waw menjadi tanda bagi rafa’
pada dua tempat :
1.
Jama’ mudzakkar
salim yaitu اللفظ الدّالُ على الجمعيّة بواوٍ ونونٍ فىْ اٰخرم فى حالةالرّفعِ وياء و نون فى
حالتى النّصبِ والجرِّ (lafadz yang menunjukkan bentuk jamak dengan memakan wawu dan
nun pada huruf akhirnya apabila dalam keadaan rafa’ sedangkan ya’ dan nun
apabila dalam keadaan nashab dan khafadh
Contoh ; جاءَ زيدوْنَ (telah datang zaid-zaid) lafadz zaiduuna dibaca rofa’ dengan ditandai
wawu serta ditambahkan nun pada akhirnya karena nun awal mulanya dibentuk dari
tanwinnya isim mufrod.
2.
Isim-isim
yang lima yaitu أَبُوكَ (ayahmu) , وَأَخُوكَ (saudaramu) , وَحَمُوكَ(mertuamu) , وَفُوك(mulutmu), , وَذُو مَالٍ(yang mempunyai
harta). Contoh , جاءَ ابوْكَ (telah datang bapak kamu) lafadz ابوْكَ merupakan fa’il
yang dibaca rofa’dengan wawu sebagai pengganti dhommah
وأما الألف فتكون علامة للرفع في تثنية
الأسماء خاصة
Dan adapun Huruf Alif menjadi tanda
bagi rafa’khusus pada isim-isim tatsniyyah.
Isim Tastniyah yaitu ما دلّ على
اثنين باء لفٍ ونونٍ فى اٰخره فى حالةِالرّفع و ياءٍ و نونٍ فى حالتى النّصبِ والجرِّ (lafadz yang
menunjukkan makna dua dengan memakai alif dan nun pada huruf akhirnya apabila
keadaan rafa’ sedangkan memakai ya’ dan nun apabila keadaan nashab dan jer.
Contoh; جاء زيدَانِ (telah datang dua zaid) lafadz zaidaani dibaca rofa’
dengan ditandai alif dan ditambahkan juga nun pada akhirnya sebagai penggant
tanwin.
وأما النون فتكون علامة للرفع في الفعل
المضارع إذا اتصل به ضمير التثنية أو ضمير جمع أو ضمير المؤنثة المخاطبة
Dan adapun Nun menjadi tanda
bagi rafa’ pada fi’il mudhari yang bersambung dengan dhamir tatsniyah, dhamir
jama’, dan dhamir muannats mukhatabah
1. Bersambung dengan dhomir tatsniyah
seperti يفعلانِ (dua orang
bekerja) dan تفعلانِ (kamu berdua bekerja)
2. Bersambung dengan dhamir jama’ seperti يفعلونَ (mereka bekerja)
dan تفعلونَ (kalian bekerja)
3. Bersambung dengan muannats mukhothabah
seperti تفعلينَ (kamu bekerja)
Huruf-huruf yang menjandi contoh nun
diatas merupakan af’alul khomsah يفعلانِ (dua orang
bekerja) , تفعلانِ (kamu berdua bekerja), يفعلونَ (mereka bekerja) ,
تفعلونَ (kalian bekerja) dan تفعلينَ (kamu bekerja)
TANDA
NASHAB
وللنصب خمس علامات : الفتحة والألف
والكسرة والياء وحذف النون
Dan Nashab memiliki lima
tanda: yaitu fathah, alif, kasroh, ya’ dan membuang huruf nun (nun yang menjadi
tanda i’robnya)
1. Fathah yang menjadi alamat pokok i’rob
nashab
Contoh رأَيتُ زيدً (aku telah melihat
zaid) zaid dibaca nashab dengan fathah
2. Huruf alif sebagai pengganti fathah
Contoh رأَيتُ اباك (aku telah melihat
bapakmu)
3. Kasrah sebagai pengganti fathah
Contoh رأَيتُ المسلماتِ (aku telah melihat
wanita-wanita muslim)
4. Huruf Ya sebagai pengganti fathah
Contoh رأَيتُ المسلمَيْنِ
/ المسلمِيْنَ (aku telah melihat dua muslim/banyak muslim
5. Hadzfu nuun (membuang nun)
Contoh لن تفعلو (kalian perempuan
tidak bekerja)
فأما الفتحة فتكون علامة للنصب في ثلاثة
مواضع : في الاسم المفرد وجمع التكسير والفعل المضارع إذا دخل عليه ناصب ولم يتصل
بآخره شيء
Dan adapun Fathah menjadi tanda
bagi nashab pada tiga tempat yaitu Isim Mufrad, Jama’ taksir, dan fi’il Mudhari
apabila masuk atasnya amil yang menashobkan dan tidak bersambung di akhirnya
dengan sesuatupun
- Isim Mufrad, Contoh رأَيتُ زيدً (aku telah melihat zaid) zaidan dibaca nashab
dengan fathah
- Jama’ taktsir , Contoh رأَيتُ الرِّجالَ (aku telah melihat lelaki)
- Fiil mudhari’ yang kemasukan amil yang menashobkan dan akhir fiil itu
tidak bertemu dengan alif lam tatsniyah,wawu jama’, ya’ muanats mukhotobah dan nun taukid
(khofifah dan tsaqilah). Contoh لن يفعلا (dua orang
tidak bekerja) لن يفعلو (banyak orang tidak bekerja) لن تفعلي(kalian tidak bekerja)
وأما الألف فتكون علامة للنصب في الأسماء
الخمسة نحو : رأيت أباك وأخاك وما أشبه ذلك
Huruf Alif menjadi tanda bagi nashab
pada isim-isim yang lima contohnya :
رَأَيْتُ أَبَاكَ وَأَخَاك (aku melihat bapakmu dan saudaramu) dan apa-apa yang
menyerupai contoh ini.
Isim-isim yang lima yaitu أَباكَ (ayahmu) , وَأَخاكَ (saudaramu) , وَحَماكَ(mertuamu) , وَفاك(mulutmu), , وَذا مَالٍ(yang mempunyai harta). Contoh , رأَيتُ اباْكَ (aku telah melihan
bapakmu)
وأما الكسرة فتكون علامة للنصب في جمع
المؤنث السالم
Kasrah menjadi tanda bagi nashab
pada jama’ muannats salim
Contohnya رايتُ المسلماتِ (aku melihat
muslim perempuan banyak) lafadz رايتُ merupakan fiil madi dan lafadz المسلماتِ merupakan jamak
dari lafadz المُسلمةَ dalam keadaan nasab.
وأما الياء فتكون علامة للنصب في التثنية
والجمع
Huruf Ya menjadi tanda bagi nashab
pada tatsniyah dan jama’ (mudzakkar salim)
1.
Isim
tasniyah atau kalimat yang menunjukan ma’na dua yaitu contohnya رايتُ زيديْنِ pada lafadz زيديْنِ nasabnya ditandai dengan ya’ dan untuk huruf sebelumnya di fathahkan dan
huruf akhirnya dikasrohkan.
2.
Jamak
mudzakarsalim atau kalimat yang menununjukan ma’na banyak untuk laki-laki
contohnya رايتُ زيدِيْنَ pada lafadz زيدِيْنَnasabnya ditandai dengan ya’ dan untuk huruf sebelumnya dikasrohkan dan
huruf akhirnya difathahkan. Menggunakan nun dikarenakan sebagai pengganti dari
tanwin.
وأما حذف النون فيكون علامة للنصب في
الأفعال الخمسة التي رفعها بثبوت النون
Hadzfunnuun (membuang huruf nun),
menjadi tanda bagi nashab pada fi’il-fi’il yang lima yang ketika rafa’nya
dengan tetap nun.
Dan adapun membuang Nun menjadi tanda
bagi nasab pada fi’il mudhari yang bersambung dengan dhamir tatsniyah, dhamir
jama’, dan dhamir muannats mukhatabah yang sering disebut dengan af’alul
khmsoah (fiil lima)
1.
Bersambung
dengan dhomir tatsniyah seperti ان يفعلا (hendaknya mereka berdua bekerja) dan ان تفعلا (hendaknya kamu berdua bekerja)
2.
Bersambung
dengan dhamir jama’ seperti ان يفعلو (hendaknya mereka bekerja) dan ان تفعلو (hendaknya kalian
bekerja)
3.
Bersambung
dengan muannats mukhothabah seperti ان تفعلي (hendaknya kamu(perempuan) bekerja)
TANDA JAR
وللخفض ثلاث علامات : الكسرة والياء
والفتحة
I’rob khofadh memiliki 3 (tiga) tanda,
yaitu; kasrah, ya dan fathah
1. Kasrah merupakan tanda pokok i’rob
khafadh
contohnya; مررتُ بزيدٍ (aku telah
berjumpa dengan zaid) zaid dibaca khofadh dengan kasroh
2. Huruf Ya merupakan pengganti kasroh
Contohnya:
مررت بزيدِيْنَ،بزدَيْنِ (aku telah
berjumpa dengan banyak zaid, dua zaid) zaid dibaca khafadh dengan tanda ya’
sebelum huruf akhirnya
3. Fathah merupakan pengganti kasroh
Contohnya: مررت باحمدَ (aku telah berjumpa
dengan Ahmad) ahmad dibaca khofadh dengan fathah.
فأما الكسرة فتكون علامة للخفض في ثلاثة
مواضع : في الاسم المفرد المنصرف وجمع التكسير المنصرف وجمع المؤنث السالم
Kasrah menjadi tanda bagi khafadh
pada tiga tempat:
1. Isim Mufrad yang menerima tanwin
Contoh; مررتُ بزيدٍ (aku telah
berjumpa dengan zaid) zaid dibaca khofadh dengan kasroh
2. jama’ taksir yang menerima tanwin
Contoh; مررتُ برِجالٍ (aku telah
berjumpa dengan beberapa laki-laki) lafadz rijaalin dibaca khofadh dengan kasroh
3. jama’ muannats salim
Contoh مررتُ بمسلماتٍ (aku telah
berjumpa dengan wanita-wanita muslim) lafdz muslimatin dibaca khofadh
dengan kasroh dengan ditambahkan alif pada huruf sebelumnya.
وأما الياء فتكون علامة للخفض في ثلاثة
مواضع : في الأسماء الخمسة وفي التثنية والجمع
Huruf ya menjadi tanda bagi
khafadh pada tiga tempat:
1. Pada isim-isim yang lima (al asmaul
khamsah)
Contoh مررتُ بِئَابيك،
بِاَخيك، بحميك، بديملٍ, (aku telah berjumpa dengan bapak kamu, dengan saudaramu,
dengan mertuamu, dan dengan pemilik harta)
2. Isim Tatsniyah
Contoh مررت بزدَيْنِ (aku telah
berjumpa dengan dua zaid) zaid dibaca khafadh dengan tanda ya’ sebelum huruf
akhirnya, dibaca fathah sebelumnya dan dikasrohkan akhirnya
3. jama’ mudzakarsalim
contoh مررت بزيدِيْنَ (aku telah
berjumpa dengan banyak zaid) zaid dibaca khafadh dengan tanda ya’ sebelum huruf
akhirnya, dibaca kasroh sebelumnya dan difathahkan akhirnya
وأما الفتحة فتكون علامة للخفض في الاسم
الذي لا ينصرف
Fathah menjadi tanda bagi khafadh
pada isim-isim yang tidak menerima tanwin (isim ghairu munsharif)
Contoh مررت باحمدَ (aku telah berjumpa dengan Ahmad) ahmad dibaca
khofadh dengan fathah.
TANDA
JAZM
وللجزم علامتان : السكون والحذف
Jazm memiliki 2 tanda:
1.
Sukun
menjadi tanda pokok alamat jazm contoh لم يضربْ (jangan memukul)
2.
Al hadzfu
(membuang) لم تفعلو (kalian perempuan jangan bekerja)
فأما السكون فيكون علامة للجزم في الفعل
المضارع الصحيح الآخر
Sukun menjadi tanda bagi jazm pada
fi’il mundhori yang shahih akhirnya
Fiil mundhori yang shahih yaitu bagian
akhir hurunfnya bukan huruf ilat sepert waw, alif dan ya’ Seperti لم يضربْ (jangan memukul)
وأما الحذف فيكون علامة للجزم في الفعل
المضارع المعتل الآخر وفي الأفعال الخمسة التي رفعها بثبات النون
Al hadzfu menjadi tanda bagi jazm
pada fi’il mudhari yang mu’tal akhirnya dan pada fi’il-fi’il yang ketika
rafa’nya dengan tetap nun.
1.
Fiil
mudhari mu’tal akhir yaitu fiil mudhori yang huruf akhrinya berupa huruf ilat
(waw, alif dan ya’) contoh يخشى ketika rafa
begitu dijazmkan menjadi dibuang huruf ilatnya seperti لم يخش .
2.
Af’alul
khomsah dengan membuang Nun menjadi tanda bagi jazm pada fi’il mudhari yang
bersambung dengan dhamir tatsniyah, dhamir jama’, dan dhamir muannats
mukhatabah yang sering disebut dengan af’alul khmsoah (fiil lima)
a.
Bersambung
dengan dhomir tatsniyah seperti لم يفعلا (janganlah mereka berdua bekerja) dan لم تفعلا (janganlah kamu berdua bekerja)
b.
Bersambung
dengan dhamir jama’ seperti لم يفعلو (janganlah mereka bekerja) dan لم تفعلو (janganlah kalian
bekerja)
c.
Bersambung
dengan muannats mukhothabah seperti لم تفعلي (janganlah kamu(perempuan) bekerja)
فَصْلٌ اَلْمُعْرَبَاتُ
Fashl (pasal), Kata-kata yang di-Irab
الْمُعْرَبَاتُ قِسْمَانِ قِسْمٌ يُعْرَبُ
بِالْحَرَكَاتِ . وَقِسْمٌ يُعْرَبُ بالْحُرُوفِ
Kata yang di- i’rab itu ada dua:
- Kata yang di-i’rab
dengan harkat (baris)
- Kata yang di-i’rab
dengan huruf.
فَالَّذِي يُعْرَبُ بالْحَرَكَاتِ
أَرْبَعَةُ أَنْوَاعٍ : الاِسْمُ الْمُفْرَدُ ، وَجَمْعُ التَّكْسِيرِ ، وَجَمْع الْمُؤَنَّثِ
السَّالِمِ ، وَالْفِعْلُ الْمُضَارِعُ الَّذِي لَمْ يَتَّصِلْ بآخِرِهِ شَيْءٌ
Kata yang di-i’rab dengan baris
itu ada empat macam :
- Isim Mufrad
- Jama’ taktsir
- Jama’ muannats
salim, dan
- Fi’il Mudhari’
yang tidak bersambung dengan akhirnya sesuatu
وكلُّها . تُرفَع بالضَّمَّة وتُنصَب
بالفتحة ، وتُخفَض بالكسرة ، وتُجزَم بالسكون. وخرج عن ذلك ثلاثة أشياء : جمع
المؤنث السالم يُنصب بالكسرة ، والاسمُ الذي لا ينصرف يخفض بالفتحة ، والفعل
المضارع المعتلُّ الآخر يُجْزَم بحذف آخره
Semua kata itu di-rafa’-kan dengan
dhammah, di-nashab-kan dengan fathah, dan di-jazm-kan dengan sukun kecuali
untuk tiga kondisi;
- jama’ muannats
salim di-nashab-kan dengan kasrah
- Isim ghairu
munsharif di-khafadh-kan dengan fathah
- fi’il mudhari’
mu’tal di-jazm-kan dengan membuang akhirnya
والذي يعرب بالحروف أربعة أنواع : التثنية
وجمع المذكر السالم ، والأسماء الخمسة ، والأفعال الخمسة ، وهي : يفعلان ، وتفعلان
، ويفعلون ، وتفعلون ، وتفعلين
Kata yang di-i’rab dengan huruf itu ada
empat macam :
- Isim Tatsniyah
- Jama’ mudzakkar
salim
- isim-isim yang
lima, dan
- fi’il-fiil yang
lima, yaitu: يَفْعَلَانِ، وَتَفْعَلَانِ، وَيَفْعَلُونَ،
وَتَفْعَلُونَ، وَتَفْعَلِينَ
فأما التثنية فترفع بالألف وتنصب وتخفض
بالياء
Isim tatsniyah : di-rafa’-kan dengan
huruf alif, di-nashab-kan dengan huruf ya dan di-khafadh-kan dengan huruf ya.
وأما جمع المذكر السالم فيرفع بالواو
وينصب ويخفض بالياء
Jama’ mudzakkar salim: dirafa’kan dengan
huruf waw, di-nashab-kan dengan huruf ya dan di-khafadh-kan dengan huruf ya.
أما الأسماء الخمسة فترفع بالواو وتنصب
بالألف ، وتخفض بالياء
Isim-isim yang lima: di-rafa’-kan dengan
huruf waw, di-nashab-kan dengan huruf alif, dan di-khafadh-kan dengan huruf ya.
وأما الأفعال الخمسة فترفع بالنون وتنصب
وتجزم بحذفها
Fi’il-fi’il yang lima: di-rafa’-kan
dengan huruf nun, di-nashab-kan serta di-jazm-kan dengan membuang huruf nun.
0 komentar:
Posting Komentar