Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Senin, 08 Agustus 2016

(باب معرفة علامات الإعراب) BAB MENGENAL TANDA-TANDA I’RAB



للرفع أربع علامات : الضمة والواو والألف والنون
TANDA RAFA'

I’rob rafa’ mempunyai empat tanda yaitu; dhommah, wawu, alif dan nun.
Rafa’ memiliki  empat tanda:
  1. Dhammah yang menjadi alamat pokok i’rob rafa’
Contoh جاءَ زيدٌ (telah datang zaid) lafadz zaid merupakan fa’il yang dibaca rofa’ dengan dhomah

  1. Huruf Waw sebagai pengganti dhomah
Contoh; جاءَ زيدوْنَ (telah datang zaid-zaid), جاءَ ابوْكَ (telah datang bapak kamu) lafadz   ابوْكَ dan  زيدوْنَ merupakan fa’il yang dibaca rofa’dengan waw sebagai pengganti dhommah

  1. Huruf Alif sebagai pengganti dhomah
Contoh; جاءَ زيدَانِ (telah datang dua Zaid) lafadz  زيدَانِ merupakan fail yang dibaca rofa’ dengah alif sebagai pengganti dhommah.

  1. Huruf Nun sebagai pengganti dhommah
Contoh; يضربانِ (kamu berdua sedang memukul) huruf nun pada fiil mundhori’ yang dibaca rafa’ merupakan pengganti dhommah.



فأما الضمة فتكون علامة للرفع في أربعة مواضع : الاسم المفرد وجمع التكسير وجمع المؤنث السالم والفعل المضارع الذي لم يتصل بآخره شيء
Dhommah menjadi alamat bagi I’rob rafa’ pada empat tempat yaitu; Isim mufrod, Jamak taksir, jamak muanats salim dan fiil mundhori’ yang pada huruf akirnya tidak bertemu dengan apapun (dari alif lam tatsniyah,wawu jama’ dan ya’ muanats mukhotobah).

Dhammah menjadi tanda bagi rafa’ pada empat tempat :
  1. Isim Mufrad, yaitu; ما ليس مثنّى و لا مجموعاً ولا ملحقً بهما ولا من الٔاسماءِالخمسةِ (isim yang buka tatsniyah, bukan jamak, bukan mulhak keduanya(mulhak jamak dan mulhak tatsniyah) dan bukan pula dari asmaul khomsah.
Contoh جاءَ زيدٌ (telah datang zaid) lafadz zaid dibaca rofa’ dengan dhommah

  1. Jama’ taktsir yaitu; ما تغيّرعن بناءِ مفردِهِ (lafadz yang berubah bentuk mufrodnya)
Contoh جاء الرّجالُ (telah datang laki-laki) lafadz Ar-Rijalu dibaca rofa’ menggunakan dhommah

  1. Jama’ muannas salim yaitu; ما جمع باءلفٍ و تاءٍ مزيدتينِ (lafadz yang dijama’kan dengan menggunakan alif dan ta’)
Contoh جاءت الهنداتُ (telah datang banyak hindun) lafadz Al-Hindaatu dibaca rofa’ menggunakan dhommah pada huruf ta’

  1. Fiil mudhari’ yang tidak bersambung di akhirnya dengan sesuatu
Fiil mudhari’ yaitu ما دلّ على حدث يقبل الحل والاِستقبال (lafadz yang menunjukkan kejadian (perbuatan) yang sedang berlangsung dan yang akan datang.
Contoh; يضربُ (dia memukul) karena tidak bersambung dengan alif lam tatsniyah,wawu jama’ dan ya’ muanats mukhotobah maka akhirnya dibaca rafa’ dengan dhommah.

Adapun contoh fiil mudhari’ yang bersambung dengan sesuatu sebagai berikut
a.    Bersambung dengan alif dhomir tatsniyah seperti يفعلانِ (dua orang bekerja)
b.    Bersambung dengan wawu dhamir jama’ seperti يفعلونَ (mereka bekerja)
c.     Bersambung dengan ya muannats mukhothabah seperti تفعلينَ (kamu bekerja)
d.    Bersambung dengan nun taukid tsaqilah seperti تفعلنّ (kalian bekerja)
e.     Bersambung dengan nun tauki khafifah seperti لا تفعلنْ (tidak bekerja)


وأما الواو فتكون علامة للرفع في موضعين : في جمع المذكر السالم وفي الأسماء الخمسة وهي : أبوك وأخوك وحموك وفوك وذو مال
Dan adapun wawu menjadi alamat bagi i’rob rafa’ pada dua tempat, yaitu; jama’ mudzkkar salim dan asmaul khomsah.

Huruf Waw menjadi tanda bagi rafa’ pada  dua tempat :
1.    Jama’ mudzakkar salim yaitu اللفظ الدّالُ على الجمعيّة بواوٍ ونونٍ فىْ اٰخرم فى حالةالرّفعِ وياء و نون فى حالتى النّصبِ والجرِّ (lafadz yang menunjukkan bentuk jamak dengan memakan wawu dan nun pada huruf akhirnya apabila dalam keadaan rafa’ sedangkan ya’ dan nun apabila dalam keadaan nashab dan khafadh
Contoh ; جاءَ زيدوْنَ (telah datang zaid-zaid) lafadz zaiduuna dibaca rofa’ dengan ditandai wawu serta ditambahkan nun pada akhirnya karena nun awal mulanya dibentuk dari tanwinnya isim mufrod.
2.    Isim-isim yang lima yaitu أَبُوكَ (ayahmu) , وَأَخُوكَ (saudaramu) , وَحَمُوكَ(mertuamu) , وَفُوك(mulutmu), , وَذُو مَالٍ(yang mempunyai harta). Contoh , جاءَ ابوْكَ (telah datang bapak kamu) lafadz   ابوْكَ merupakan fa’il yang dibaca rofa’dengan wawu sebagai pengganti dhommah


وأما الألف فتكون علامة للرفع في تثنية الأسماء خاصة
Dan adapun Huruf Alif menjadi tanda bagi rafa’khusus pada isim-isim tatsniyyah.

Isim Tastniyah yaitu ما دلّ على اثنين باء لفٍ ونونٍ فى اٰخره فى حالةِالرّفع و ياءٍ و نونٍ فى حالتى النّصبِ والجرِّ (lafadz yang menunjukkan makna dua dengan memakai alif dan nun pada huruf akhirnya apabila keadaan rafa’ sedangkan memakai ya’ dan nun apabila keadaan nashab dan jer.
Contoh; جاء زيدَانِ (telah datang dua zaid) lafadz zaidaani dibaca rofa’ dengan ditandai alif dan ditambahkan juga nun pada akhirnya sebagai penggant tanwin.

وأما النون فتكون علامة للرفع في الفعل المضارع إذا اتصل به ضمير التثنية أو ضمير جمع أو ضمير المؤنثة المخاطبة
Dan adapun Nun menjadi tanda bagi rafa’ pada fi’il mudhari yang bersambung dengan dhamir tatsniyah, dhamir jama’, dan dhamir muannats mukhatabah
1.    Bersambung dengan dhomir tatsniyah seperti يفعلانِ (dua orang bekerja) dan تفعلانِ  (kamu berdua bekerja)
2.    Bersambung dengan dhamir jama’ seperti يفعلونَ (mereka bekerja) dan تفعلونَ (kalian bekerja)
3.    Bersambung dengan muannats mukhothabah seperti تفعلينَ (kamu bekerja)
Huruf-huruf yang menjandi contoh nun diatas merupakan af’alul khomsah يفعلانِ (dua orang bekerja) , تفعلانِ  (kamu berdua bekerja),  يفعلونَ (mereka bekerja) , تفعلونَ (kalian bekerja) dan  تفعلينَ (kamu bekerja)


TANDA NASHAB

وللنصب خمس علامات : الفتحة والألف والكسرة والياء وحذف النون
Dan Nashab memiliki  lima tanda: yaitu fathah, alif, kasroh, ya’ dan membuang huruf nun (nun yang menjadi tanda i’robnya)
1.    Fathah yang menjadi alamat pokok i’rob nashab
Contoh رأَيتُ زيدً (aku telah melihat zaid) zaid dibaca nashab dengan fathah

2.    Huruf alif sebagai pengganti fathah
Contoh رأَيتُ اباك (aku telah melihat bapakmu)

3.    Kasrah sebagai pengganti fathah
Contoh رأَيتُ المسلماتِ (aku telah melihat wanita-wanita muslim)

4.    Huruf Ya sebagai pengganti fathah
Contoh رأَيتُ المسلمَيْنِ / المسلمِيْنَ (aku telah melihat dua muslim/banyak muslim

5.    Hadzfu nuun (membuang nun) 
Contoh لن تفعلو (kalian perempuan tidak bekerja)


فأما الفتحة فتكون علامة للنصب في ثلاثة مواضع : في الاسم المفرد وجمع التكسير والفعل المضارع إذا دخل عليه ناصب ولم يتصل بآخره شيء
Dan adapun Fathah menjadi tanda bagi nashab pada tiga tempat yaitu Isim Mufrad, Jama’ taksir, dan fi’il Mudhari apabila masuk atasnya amil yang menashobkan dan tidak bersambung di akhirnya dengan sesuatupun

  1. Isim Mufrad, Contoh رأَيتُ زيدً (aku telah melihat zaid) zaidan dibaca nashab dengan fathah

  1. Jama’ taktsir , Contoh رأَيتُ الرِّجالَ (aku telah melihat lelaki)

  1. Fiil mudhari’ yang kemasukan amil yang menashobkan dan akhir fiil itu tidak bertemu dengan alif lam tatsniyah,wawu jama’,  ya’ muanats mukhotobah dan nun taukid (khofifah dan tsaqilah). Contoh لن يفعلا  (dua orang tidak bekerja) لن يفعلو  (banyak orang tidak bekerja)  لن تفعلي(kalian tidak bekerja)


وأما الألف فتكون علامة للنصب في الأسماء الخمسة نحو : رأيت أباك وأخاك وما أشبه ذلك
Huruf Alif menjadi tanda bagi nashab pada isim-isim yang lima contohnya :
رَأَيْتُ أَبَاكَ وَأَخَاك (aku melihat bapakmu dan saudaramu) dan apa-apa yang menyerupai contoh ini.

Isim-isim yang lima yaitu أَباكَ (ayahmu) , وَأَخاكَ (saudaramu) , وَحَماكَ(mertuamu) , وَفاك(mulutmu), , وَذا مَالٍ(yang mempunyai harta). Contoh , رأَيتُ اباْكَ (aku telah melihan bapakmu)

وأما الكسرة فتكون علامة للنصب في جمع المؤنث السالم
Kasrah menjadi tanda bagi nashab pada jama’ muannats salim
Contohnya رايتُ المسلماتِ (aku melihat muslim perempuan banyak) lafadz رايتُ merupakan fiil madi dan lafadz  المسلماتِ merupakan jamak dari lafadz المُسلمةَ dalam keadaan nasab.

وأما الياء فتكون علامة للنصب في التثنية والجمع
Huruf Ya menjadi tanda bagi nashab pada tatsniyah dan jama’ (mudzakkar salim)
1.    Isim tasniyah atau kalimat yang menunjukan ma’na dua yaitu contohnya رايتُ زيديْنِ pada lafadz زيديْنِ nasabnya ditandai dengan ya’ dan untuk huruf sebelumnya di fathahkan dan huruf akhirnya dikasrohkan.
2.    Jamak mudzakarsalim atau kalimat yang menununjukan ma’na banyak untuk laki-laki contohnya رايتُ زيدِيْنَ pada lafadz  زيدِيْنَnasabnya ditandai dengan ya’ dan untuk huruf sebelumnya dikasrohkan dan huruf akhirnya difathahkan. Menggunakan nun dikarenakan sebagai pengganti dari tanwin.

وأما حذف النون فيكون علامة للنصب في الأفعال الخمسة التي رفعها بثبوت النون
Hadzfunnuun (membuang huruf nun), menjadi tanda bagi nashab pada fi’il-fi’il yang lima yang ketika rafa’nya dengan tetap nun.

Dan adapun membuang Nun menjadi tanda bagi nasab pada fi’il mudhari yang bersambung dengan dhamir tatsniyah, dhamir jama’, dan dhamir muannats mukhatabah yang sering disebut dengan af’alul khmsoah (fiil lima)
1.         Bersambung dengan dhomir tatsniyah seperti ان يفعلا (hendaknya mereka berdua bekerja) dan ان تفعلا  (hendaknya kamu berdua bekerja)
2.         Bersambung dengan dhamir jama’ seperti ان يفعلو (hendaknya mereka bekerja) dan ان تفعلو (hendaknya kalian bekerja)
3.         Bersambung dengan muannats mukhothabah seperti ان تفعلي (hendaknya kamu(perempuan) bekerja) 

TANDA JAR

وللخفض ثلاث علامات : الكسرة والياء والفتحة
I’rob khofadh memiliki 3 (tiga) tanda, yaitu; kasrah, ya dan fathah
1.    Kasrah merupakan tanda pokok i’rob khafadh
contohnya; مررتُ بزيدٍ (aku telah berjumpa dengan zaid) zaid dibaca khofadh dengan kasroh
2.    Huruf Ya merupakan pengganti kasroh
Contohnya: مررت بزيدِيْنَ،بزدَيْنِ (aku telah berjumpa dengan banyak zaid, dua zaid) zaid dibaca khafadh dengan tanda ya’ sebelum huruf akhirnya                                
3.    Fathah merupakan pengganti kasroh
Contohnya: مررت باحمدَ (aku telah berjumpa dengan Ahmad) ahmad dibaca khofadh dengan fathah.


فأما الكسرة فتكون علامة للخفض في ثلاثة مواضع : في الاسم المفرد المنصرف وجمع التكسير المنصرف وجمع المؤنث السالم
Kasrah menjadi tanda bagi khafadh pada tiga tempat:
1.    Isim Mufrad yang menerima tanwin
Contoh; مررتُ بزيدٍ (aku telah berjumpa dengan zaid) zaid dibaca khofadh dengan kasroh
2.    jama’ taksir yang menerima tanwin
Contoh; مررتُ برِجالٍ (aku telah berjumpa dengan beberapa laki-laki) lafadz rijaalin  dibaca khofadh dengan kasroh
3.    jama’ muannats salim
Contoh مررتُ بمسلماتٍ (aku telah berjumpa dengan wanita-wanita muslim) lafdz muslimatin dibaca khofadh dengan kasroh dengan ditambahkan alif pada huruf sebelumnya.

وأما الياء فتكون علامة للخفض في ثلاثة مواضع : في الأسماء الخمسة وفي التثنية والجمع
Huruf ya menjadi tanda bagi khafadh pada tiga tempat:
1.    Pada isim-isim yang lima (al asmaul khamsah)
Contoh مررتُ بِئَابيك، بِاَخيك، بحميك، بديملٍ, (aku telah berjumpa dengan bapak kamu, dengan saudaramu, dengan mertuamu, dan dengan pemilik harta)
2.    Isim Tatsniyah
Contoh مررت بزدَيْنِ (aku telah berjumpa dengan dua zaid) zaid dibaca khafadh dengan tanda ya’ sebelum huruf akhirnya, dibaca fathah sebelumnya dan dikasrohkan akhirnya
3.    jama’ mudzakarsalim
contoh مررت بزيدِيْنَ (aku telah berjumpa dengan banyak zaid) zaid dibaca khafadh dengan tanda ya’ sebelum huruf akhirnya, dibaca kasroh sebelumnya dan difathahkan akhirnya

وأما الفتحة فتكون علامة للخفض في الاسم الذي لا ينصرف
Fathah menjadi tanda bagi khafadh pada isim-isim yang tidak menerima tanwin (isim ghairu munsharif)
 Contoh مررت باحمدَ (aku telah berjumpa dengan Ahmad) ahmad dibaca khofadh dengan fathah.

TANDA JAZM

وللجزم علامتان : السكون والحذف
Jazm memiliki  2 tanda:
1.    Sukun menjadi tanda pokok alamat jazm contoh لم يضربْ (jangan memukul)
2.    Al hadzfu (membuang) لم تفعلو (kalian perempuan jangan bekerja)
فأما السكون فيكون علامة للجزم في الفعل المضارع الصحيح الآخر
Sukun menjadi tanda bagi jazm pada fi’il mundhori yang shahih akhirnya
Fiil mundhori yang shahih yaitu bagian akhir hurunfnya bukan huruf ilat sepert waw, alif dan ya’ Seperti لم يضربْ (jangan memukul)

وأما الحذف فيكون علامة للجزم في الفعل المضارع المعتل الآخر وفي الأفعال الخمسة التي رفعها بثبات النون
Al hadzfu menjadi tanda bagi jazm pada fi’il mudhari yang mu’tal akhirnya dan pada fi’il-fi’il yang ketika rafa’nya dengan tetap nun.
1.    Fiil mudhari mu’tal akhir yaitu fiil mudhori yang huruf akhrinya berupa huruf ilat (waw, alif dan ya’) contoh يخشى  ketika rafa begitu dijazmkan menjadi dibuang huruf ilatnya seperti لم يخش .
2.    Af’alul khomsah dengan membuang Nun menjadi tanda bagi jazm pada fi’il mudhari yang bersambung dengan dhamir tatsniyah, dhamir jama’, dan dhamir muannats mukhatabah yang sering disebut dengan af’alul khmsoah (fiil lima)
a.     Bersambung dengan dhomir tatsniyah seperti لم يفعلا (janganlah mereka berdua bekerja) dan لم تفعلا  (janganlah kamu berdua bekerja)
b.    Bersambung dengan dhamir jama’ seperti لم يفعلو (janganlah mereka bekerja) dan لم تفعلو (janganlah kalian bekerja)
c.     Bersambung dengan muannats mukhothabah seperti لم تفعلي (janganlah kamu(perempuan) bekerja)



فَصْلٌ اَلْمُعْرَبَاتُ
Fashl (pasal), Kata-kata yang di-Irab

الْمُعْرَبَاتُ قِسْمَانِ قِسْمٌ يُعْرَبُ بِالْحَرَكَاتِ . وَقِسْمٌ يُعْرَبُ بالْحُرُوفِ
Kata yang di- i’rab itu ada dua:
  1. Kata yang di-i’rab dengan harkat (baris)
  2. Kata yang di-i’rab dengan huruf.

فَالَّذِي يُعْرَبُ بالْحَرَكَاتِ أَرْبَعَةُ أَنْوَاعٍ : الاِسْمُ الْمُفْرَدُ ، وَجَمْعُ التَّكْسِيرِ ، وَجَمْع الْمُؤَنَّثِ السَّالِمِ ، وَالْفِعْلُ الْمُضَارِعُ الَّذِي لَمْ يَتَّصِلْ بآخِرِهِ شَيْءٌ
Kata  yang di-i’rab dengan baris itu ada empat macam :
  1. Isim Mufrad
  2. Jama’ taktsir
  3. Jama’ muannats salim, dan
  4. Fi’il Mudhari’ yang tidak bersambung dengan akhirnya sesuatu

وكلُّها . تُرفَع بالضَّمَّة وتُنصَب بالفتحة ، وتُخفَض بالكسرة ، وتُجزَم بالسكون. وخرج عن ذلك ثلاثة أشياء : جمع المؤنث السالم يُنصب بالكسرة ، والاسمُ الذي لا ينصرف يخفض بالفتحة ، والفعل المضارع المعتلُّ الآخر يُجْزَم بحذف آخره
Semua kata itu di-rafa’-kan dengan dhammah, di-nashab-kan dengan fathah, dan di-jazm-kan dengan sukun kecuali untuk tiga kondisi;
  1. jama’ muannats salim di-nashab-kan dengan kasrah
  2. Isim ghairu munsharif di-khafadh-kan dengan fathah
  3. fi’il mudhari’ mu’tal di-jazm-kan dengan membuang akhirnya

والذي يعرب بالحروف أربعة أنواع : التثنية وجمع المذكر السالم ، والأسماء الخمسة ، والأفعال الخمسة ، وهي : يفعلان ، وتفعلان ، ويفعلون ، وتفعلون ، وتفعلين
Kata yang di-i’rab dengan huruf itu ada empat macam :
  1. Isim Tatsniyah
  2. Jama’ mudzakkar salim
  3. isim-isim yang lima, dan
  4. fi’il-fiil yang lima, yaitu: يَفْعَلَانِ، وَتَفْعَلَانِ، وَيَفْعَلُونَ، وَتَفْعَلُونَ، وَتَفْعَلِينَ

فأما التثنية فترفع بالألف وتنصب وتخفض بالياء
Isim tatsniyah : di-rafa’-kan dengan huruf alif, di-nashab-kan dengan huruf ya dan di-khafadh-kan dengan huruf ya.

وأما جمع المذكر السالم فيرفع بالواو وينصب ويخفض بالياء
Jama’ mudzakkar salim: dirafa’kan dengan huruf waw, di-nashab-kan dengan huruf ya dan di-khafadh-kan dengan huruf ya.

أما الأسماء الخمسة فترفع بالواو وتنصب بالألف ، وتخفض بالياء
Isim-isim yang lima: di-rafa’-kan dengan huruf waw, di-nashab-kan dengan huruf alif, dan di-khafadh-kan dengan huruf ya.

وأما الأفعال الخمسة فترفع بالنون وتنصب وتجزم بحذفها
Fi’il-fi’il yang lima: di-rafa’-kan dengan huruf nun, di-nashab-kan serta di-jazm-kan dengan membuang huruf nun.


*******************


Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Posting Komentar