وَهُوَ اَلِاسْمُ
اَلْمَنْصُوبُ, اَلَّذِي يُذْكَرُ لِبَيَانِ مَنْ فُعِلَ مَعَهُ اَلْفِعْلُ,
نَحْوَ قَوْلِكَ “جَاءَ اَلْأَمِيرُ وَالْجَيْشَ” وَ”اِسْتَوَى اَلْمَاءُ
وَالْخَشَبَةَ”.
وأما خَبَرُ “كَانَ” وَأَخَوَاتِهَا,
وَاسْمُ “إِنَّ” وَأَخَوَاتِهَا, فَقَدْ تَقَدَّمَ ذِكْرُهُمَا فِي
اَلْمَرْفُوعَاتِ, وَكَذَلِكَ اَلتَّوَابِعُ; فَقَدْ تَقَدَّمَتْ هُنَاكَ.
Maf’ul ma’ah termasuk isim yang
dinashabkan yang disebut untuk menjelaskan penyertaan seseorang atau sesuatu
dalam suatu perbuatan. Contohnya :
جَاءَ
اَلْأَمِيرُ وَالْجَيْشَ وَاِسْتَوَى اَلْمَاءُ وَالْخَشَبَةَ
(Seorang pemimpin telah datang bersama
tentaranya, Air mengalir bersama kayu)
Adapun pembahasan tentang “khabar kaana”
dan “saudara-saudara kaana” dan “isim inna” dan “saudara-saudara inna”
maka sungguh telah diberikan penjelasannya pada bab isim-isim yang
di-rafa’a-kan begitu juga dengan pembahasan kata pengikut yang di-nashab-kan
(na’at, ‘athaf, taukid, badal) telah dijelaskan disana.
0 komentar:
Posting Komentar